Friday, May 20, 2011

Tahun 2011 Cimahi Tertutup Bagi Pembangunan Industri Tekstil

BANDUNG (BB) - Kantor Penanaman Modal Kota Cimahi melansir, minat investasi di Kota Cimahi tiap tahunnya terus mengalami kenaikan. Tidak hanya diminati investor dari dalam negeri ( PMDN ), tetapi juga pemodal asing (PMA). Pada tahun 2011 ini, ada tiga investor yang tengah mengajukan permohonan pembangunan hotel di wilayah Cimahi.
Menurut Kepala Kantor Penanamam Modal Kota Cimahi, Drs Beny Bachtiar , minat investor untuk berinvestasi di Kota Cimahi cukup tinggi, karenanya Pemkot Cimahi menentukan kebijakan untuk hal tersebut sangat selektif. Saat ini Pemkot Cimahi, tidak lagi membneri ijin investasi untuk mendirikan industri tekstik , kecuali industri garment. Alasannya, industri tekstil kerap menimbulkan keruksakan ekosistem, akibat pengambilan air bawah tanah serta polusi udara dan air. Pemerintah kota Cimahi saat ini lebih fokus kepada industri kreatif, ketimbang industri tekstil berdasar pertimbangan pada sejumlah asumsi logis, asumsi positif dan asumsi obyektif. Industri tekstil selain kerap meruksak ekosistem, juga dukungan terhadap laju pertumbuhan ekonomi atau LPE Kota Cimahi relatif datar , bahkan cenderung anjlok. Dalam dua tahun terakhir sampai Mei 2011 terdapat 50 industri yang kolaps, akibatanya ribuan buruh di PHk .
Di Cimahi, dari 15 kriteria bidang industri kreatif, secara existing ada 156 industri kreatif, namun Pemkot Cimahi memfokuskan diri kepada industri animasi serta tehnologi informasi (IT). Pertimbangannya karena ramah lingkungan, padat karya serta mampu memproteksi diri dari gangguan ekonomi global, bahkan di tahun 2012, pemerintah mengklaim industri kreatif bisa menjadi penopang laju pertumbuhan ekonomi (LPE) Kota Cimahi. Saat ini pertumbuhan dan perkembangan industri kreatif, terutama film animasi di kota Cimahi menuju arah trend posistif. Para kreator film animasi yang tergabung kedalam Cimahi Creative Association tengah melakukan beberapa persiapan untuk merealiasasikan ambisinya yakni menciptakan film animasi untuk layar lebar. Selain itu, CCA pun tengah memproduksi dan membuat karakter untuk serial di televisi nasional. Rencananya, film animasi itu terdiri dari 13 episode dengan durasi per episodenya sekitar 24 menit. Targetnya, seluruh produksi film animasi tersebut rampung pada Juni 2011 mendatang.
Menurut Benny, pada tahun 2011 ini, ada 6 penanam modal yang berencana membangun industri tekstil di Cimahi, terutama di kawasan Leuwigajah. Investor umumnya merupakan pemodal asing dari negera Jepang, Amerika dan China. Nilai investasi, rata-rata di atas 5 juta US dolar yang dan diperkirakan mampu merekrut sekitar 3000 tenaga kerja. Selain sektor industri tekstil, Kota Cimahi pun mulai dilirik investor industri perhotelan dan industri olah raga. Pada tahun 2011 ini, setidaknya ada 3 investor yang telah mengajukan rencana pembangunan hotel serta stadion olah raga di kawasan Cibeber. Rencana pembangunan perhotelan telah mendapat “lampu hijau” dari eksekutif, ujar Benny Bachtiar.
Pada tahun 2010, total penanaman modala asing (PMA) dan penanaman modal dalam negeri (PMDN) di Kota Cimahi mencapai Rp 1.319.945.986.233 , terdiri dari 4 PMA dan 3 PMDN. Penanam modal asing atau PMA sebesar Rp 510.661.694.520 dan
PMDN sebesar Rp 806.284.291.713. ( D-023) ***

No comments:

Post a Comment